Desa percontohan syariat Islam dibuat Pemkab Simeulue

Pemerintah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, membuat desa percontohan pelaksanaan syariat Islam, sehingga sosialisasi penerapan hukum-hukum agama itu bisa menyeluruh di tengah masyarakat.

Asisten III Setdakab Kabupaten Simeulue Sarman Jayadi di Sinabang, Senin menyatakan, realisasi penerapan syariat Islam di daerahnya baru mencapai 50 persen, sehingga perlu sosialisasi lebih optimal.

Ia menyatakan hal itu ketika meresmikan pelaksanaan program sosialisasi syariat Islam percontohan tahap ketiga di Desa Jaya Baru, Kecamatan Salang.

"Realisasi pencapaian syariat Islam di Simeulue, sebenarmya belum mencapai 50 persen, paling ada 40 persen. Maka perlu dilakukan sosialisasi dan pembinaan secara berkesinambungaan," katanya.

Lebih lanjut, kata Sarman Jayadi, diperlukan upaya bersama antara pemerintah, terutama Dinas Syariat Islam dan warga Simeulue.

"Kita upayakan antara pemerintah dan warga lebih maksimal, menerapkan peraturan resmi ini, dengan memulai dari kita semua, keluarga, tetangga dan dalam desa itu sendiri," tegasnya.

Untuk memotivasi penerapan syariat Islam di Kabupaten Simeulue, pihak Dinas Syariat Islam setempat melakukan program lanjutan, sosialisasi di desa percontohan meliputi pembinaan pembekalan pemantapan dan peraturan tentang hukum-hukum agama.

Bahkan, Dinas Syariat Islam, selain penegakan hukum dan peraturan Islam, juga akan melakukan upaya lain untuk membangkitkan motivasi setiap desa setelah sosialisasi tersebut, seperti program lomba desa terbaik, yang telah pemberlakuan peraturan syariat Islam secara kaffah.

"Selain pelaksanaan program sosialisasi ini, untuk pelaksanaan implementasi syariat Islam sehari-sehari, terutama dalam desa akan kita evaluasi dalam perlombaan. Bagi yang menang dan benar-benar telah melaksanakannya, berhak bertanding ke tingkat provinsi," kata Kepala Dinas Syariat Islam Simeulue Hasbi Hendra.

Menurut dia, program tersebut merupakan lanjutan tahap ketiga sejak 2010, namun pihaknya belum bisa melakukan sosialisasi seluruh desa.

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »