Media Sepakat Perbaiki Kualitas Etika Syariat Islam

Sejumlah jurnalis sepakat memperbaiki kualitas pemberitaan Syariat Islam di Aceh. Kondisi pemberitaan kriminal yang dikaitkan dengan saat ini  jauh dari harapan.

Dalam Workshop jurnalis Etika Syariat Islam yang berlangsung dari 18-19 Juni 2012 ini, mengemuka soal kekeliruan pers dan media dalam mewartakan syariat Islam. Workshop hari kedua menghadirkan Fahmi Yunus, pemerhati media dan Maimun Saleh, ketua AJI Banda Aceh.

Fahmi Yunus dalam materinya " Menghindari Penghakiman oleh Media Massa" memaparkan soal trial by the press. Selama ini, media masih jauh dari kepatutan dan kelayakan meliput dan memberitakan syariat Islam.

Fahmi menambahkan, selama ini jurnalis tidak tercerahkan dalam meliput dan memberitakan syariat Islam. "Perlu perhatian khusus lembaga Pers seperti AJI untuk terus melakukan pelatihan."

Sementara Maimun Saleh menekankan perlu perhatian terhadap etika. Selama ini media alpa menghormati hak warga terutama wanita yang terkena razia. Media sering terjebak mengumumkan identitas lengkap.

Maimun juga menyatakan bahwa jurnalis enggan melakukan cek dan ricek, sehingga mengutip secara utuh keterangan dari narasumber.

sumber : theglobejurnal

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »