Partai Islam Turun, PKS Percaya Diri

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap percaya diri menghadapi Pemilu 2014. PKS menjadikan hasil riset Lembaga Survei Nasional (LSN) sebagai masukan untuk konsolidasi internal.

"Kita sekarang pada tataran rapatkan barisan dan konsolidasi internal kita lakukan. Survei elektabilitas itu meski tak jadi bagian rukun iman, tapi bisa menjadi trigger," kata Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Namun Bukhori memberikan catatan atas survei LSN yang menyebut tingkat elektabilitas partai Islam merosot di bawah 5 persen. Menurutnya, pengkategorian partai dalam konteks agama, tidak tepat.

"Partai kita hampir semua basis umat Islam, kalau dikotak-kotak maka akan menjadi persoalan. Partai nasionalis basisnya Islam juga jadi metodologi ketika mengotak-kotakan seperti ini tidak tepat," jelas dia.

PKS saat ini tengah berkosentrasi menyolidkan internal untuk menghadapi Pemilu 2014. Soal koalisi di Pilpres, PKS sebut Bukhori belum memikirkannya."Koalisi di 2014 belum menjadi prioritas bagi PKS," ujarnya.

Berdasarkan survei LSN yang dilakukan 10-20 Juni 2012, dukungan masyarakat yakni 1.230 responden terhadap 4 parpol Islam terbesar yakni PKS, PAN, PPP dan PKB hanya 15,7 persen. Kecenderungan ini menurun dibandingkan ketika pemilu tahun 1999 atau 2004 di mana total suara terhadap partai berbasis massa Islam cenderung tinggi.

sumber : detiknews

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »