Said Aqil : Tidak Usah Berjihad Untuk Rohingya

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj kembali membuat kontroversi. Ia berkomentar tentang tragedi yang terjadi di Myanmar. Dimana muslim etnis Rohingya mendapat tindakan represif dan diskriminatif.

Ia mangatakan bahwa permasalahan Rohingya adalah bukan permasalahan SARA. Maka ia melarang kaum muslimin Indonesia untuk berjihad ke Myanmar. Ia lebih mengedepankan upaya untuk mendesak PBB melakukan tindakan atas tragedi ini.

"Kalau ada yang berjihad itu tidak tepat dan tidak ada gunanya. Yang harus kita lakukan adalah mendesak pemerintah Myanmar dan PBB untuk benar-benar melindungi kaum minoritas di Myanmar," tegas Said Aqil Siradj dalam diskusi bertajuk 'Rohingya: SARA atau Kemanusiaan' yang diselenggarakan oleh HIKMAHBUDHI, MBI, MAGABUDHI, PBNU dan KontraS di Gedung PBNU Jl. Kramat Raya Jakarta, Rabu (1/8).

Said Aqil menambahkan, dimanapun dan apapun keadaannya, kaum mayoritas harus selalu melindungi kaum minoritas. "Kita tidak bisa membiarkan penindasan ini terus berlangsung. PBNU selalu mengedepankan perlindungan hak-hak kaum minoritas," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama ia juga mendesak pemerintah Indonesia memberi dukungan konkret untuk muslim Rohingya di Myamar. Pemerintah Indonesia bisa menggunakan posisi politisnya yang strategis di ASEAN.


Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »