Anis Matta: Luthfi Hasan Capres PKS Baru Wacana

sumber: Antara

Diusulkan agar partai-partai berplatform Islam mengusung satu nama calon presiden saja.
 
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Anis Matta mengatakan wacana Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq sebagai calon presiden (capres) partai baru sekedar aspirasi kader.

"Keputusan apakah Luthfi Hasan akan diusung sebagai calon presiden dari PKS baru akan dibahas dan diputuskan dalam rapat Majelis Syuro," kata Anis, di gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Menurut Anis, banyak kader PKS yang menyuarakan agar Luthfi Hasan Ishaq diusung sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2014.

Sebelumnya, politikus PKS, Yudi Widiana Adia, mengusulkan agar partai-partai berplatform Islam mengusung satu nama calon presiden saja.

Pertimbangannya, hasil survei dari beberapa lembaga survei independen menunjukkan elektabilitas partai-partai politik berplatform Islam terus merosot.

"Pimpinan partai-partai Islam perlu duduk bersama, bermusyawarah untuk menyamakan pandangan dalam mengusung calon presiden," kata Yudi, di Jakarta, Jumat (31/8) lalu.

Yudi mencontohkan, pada Pemilu Presiden pada 1999, partai-partai Islam sepakat mengusung KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai presiden.

Jika partai-partai politik berplatfoem Islam bisa bersatu dan mengusung capres yang sama, dia optimistis bisa meningkatkan bergaining partai Islam dengan partai nasionalis.

Di sisi lain, menurut Yudi, partai-partai politik berplatform Islam agar bermusyawarah untuk mencari solusi dari merosotnya suara partai Islam.

Ditambahkan Yudi, lembaga survei juga tidak bisa menyamaratakan suara partai Islam merosot, karena sesungguhnya beberapa partai Islam memiliki basis konstituen berbeda.

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »