Gubernur Sumut : Da'i Harus Berperan Aktif Dakwah Di Lingkungan


Musibah banjir seperti yang terjadi di Jakarta selama tiga hari terakhir perlu jadi catatan bagi penggiat dakwah dimana saja, khususnya di Sumatera Utara. Plt Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho meminta para da’i perlu meningkatkan dakwah yang menyangkut aspek lingkungan.
“Penggiat dakwah harus berperan aktif melakukan dakwah di semua area terutama lingkungan,” ujar Gatot saat bersilaturahim dengan peserta Rapat Kordinasi Wilayah Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Sumut, di Asrama Haji Medan, Kota Medan, Minggu (20/1). Menurutnya jika hal tersebut tidak dilakukan maka masalah lingkungan akan menjadi masalah besar bagi kehidupan masyarakat. Ke depannya tidak hanya lingkungan saja yang rusak namun umat manusia pun mengalami hal yang tidak diinginkan.
Gatot yang mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur Sumatera Utara ini mencoba menganalogikan dengan sebuah kapal besar yang yang memiliki tingkatan-tingkatan sosial penumpang di dalamnya. Nahkoda berpesan ke penumpang agar untuk mengambil air harus ke tingkat atas. Namun ada penumpang yang berpikiran pendek dan ingin segera mendapatkan air dengan melubangi kapal.
“Maka bisa ditebak bukan penumpang yang melubangi kapal saja yang celaka, namun seluruh penumpang kapal akan mengalami  celaka. Ini kritikan dan jeweran bagi kita semua,” seru Gatot mengingatkan anggota Ikadi yang hadir.
Sebagai seorang muslim yang baik, tambah Gatot, bahwa setiap musibah yang terjadi tidak mungkin lepas dari campur tangan Allah SWT. Karena itu seluruh sisi kehidupan harus tersentuh sektor dakwah. Gatot berpesan kepada Ikadi untuk selalu mendampingi umat. H Sopyan Saha, Lc. MA, Ketua Ikadi Sumut berpesan agar anggotanya menyadari bahwa dakwah itu adalah satu kenikmatan. “Negeri ini sudah lama bangkrut tanpa dakwah,” imbuhnya.





..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksitarqiyah@gmail.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »