Anda Tidak Boleh Membawa Al Quran Ke Brunei !

Jika anda pergi sebuah tempat khususnya luar negeri anda pasti akan bertemu dengan aturan - aturan setempat. Yang lazim adalah anda akan diperiksa terkait identitas, seperti paspor dan yang lainnya serta barang bawaan anda.

Namun ada hal yang mengejutkan yang terjadi jika anda pergi ke Brunei Darusalam, anda akan dilarang membawa Al Qur'an. Seperti yang di tuliskan seorang kompasiana dengan nama Taufikuieks. Dia menceritakan bagaimana pemeriksaan terhadapnya ketika sampai di Brunei. Dan alangkah terkejutnya dia ketika mendapati selebaran yang dibagikan awak kabin padanya tentang barang - barang yang dilarang masuk jika kita membawanya kita akan terkena jalur merah. Disana tercantum “Sebarang artikel yang mengandung cetakan atau salinan mana-mana mata wang, surah-surah Al-Quran dan lambang-lambang Negara”



Alangkah ironisnya, negara yang sangat kental dengan nilai dan budaya islamnya mengkategorikan Al Quran sebagai benda yang berbahaya. Sampai saat ini belum ada keterangan tentang mengapa Al Quran menjadi barang zona merah dalam checklist beacukai Brunei Darussalam.

Taufikuieks menambahkan di banyak tempat di Brunei sangat kental budaya islamnya. Seperti restoran yang menggunakan aksen arab jawi. Juga dibeberapa selebaran yang beredar di Brunei Darussalam.

Jadi berhati-hatilah anda jika mengunjungi Brunei Darussalam. Jika anda membawa Al Quran atau yang memuat tulisan Al Quran siap - siap anda akan berurusan dengan bea cukai Brunei Darussalam.



..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksitarqiyah@gmail.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »