Mahasiswa UIN Jakarta Adakan Aksi Simpatik Sehat Tanpa Rokok

Tarqiyah.com - Jakarta - 31 Mei 2013 merupakan sebuah Hari Peringatan Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang digalakkan oleh WHO, sebuah organisasi kesehatan dunia. Permasalahan rokok di Indonesia menjadi sebuah keprihatinan tersendiri bagi para kalangan kesehatan baik praktisi ataupun Mahasiswa. Fakta menunjukkan bahwa Indonesia memiliki prestasi yang memprihatinkan yakni peringkat ke-3 di dunia setelah China dan India, hal ini juga diperburuk dengan angka statistik peningkatan konsumen rokok yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Dan fakta terburuknya yang mengindikasikan ketidakseriusan pemerintah yakni tidak ikut serta meratifikasi pengendalian tembakau pada FCTC (Framework Convention on Tobacco Control) yang telah dirancang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2003.

Menyikapi permasalahan ini pada 31 Mei 2013, DEMA FKIK bekerjasama dengan seluruh BEM se-FKIK bergerak, satu langkah, serius dan berkomitmen untuk mewujudkan visi Indonesia yang sehat tanpa rokok dimulai dari lingkungan intelektual kampus.

Aksi simpatik ini bertajuk "UIN Jakarta Menuju Kampus Tanpa Rokok" (Go UIN KTR). Aksi ini dikemas menarik yaitu adanya TUKERMEN (Tukar Rokok dengan Permen) dan penggalangan dukungan tanda tangan.

"Pada #HTTSUIN2013 kali ini kami mengambil tema "UIN Jakarta Menuju Kampus Tanpa Rokok" (Go UIN KTR). Dalam aksi simpatik ini kami kemas dalam bentuk TUKERMEN (Tukar Rokok dengan Permen) dan penggalangan dukungan tanda tangan. Kami melakukan aksi tersebut bermula dari FKIK menuju Kampus 1 UIN." Papar Yusna Fadliyyah Apriyanti, Wakil Ketua BEM Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, UIN Syarif Hidaatullah Jakarta.

Dari aksi ini didapatkan sekitar 300 tanda tangan dari seluruh elemen Kampus yang ada dan sekitar 50 batang rokok yang telah ditukar dengan permen. Dari aksi tersebut diharapkan bisa menjadi langkah awal mewujudkan cita-cita Mahasiswa UIN dalam menciptakan Kampus yang bersih dan bebas asap rokok selayaknya kampus-kampus lainya di Indonesia seperti UI, UGM, UHAMKA, dan lain-lain.(BEMFKIKUIN/AR)


..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksitarqiyah@gmail.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »