Pernyatan Sikap MIUMI Tentang Kondisi Mesir Terkini

miumi
Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta - Kami dari Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) provinsi Aceh sangat prihatin dengan kondisi umat Islam di Mesir saat ini, akibat dari kudeta yang dilakukan pihak militer Mesir terhadap presiden Mursi yang terpilih pertama kali secara demokrasi. Terlebih lagi melihat cara militer dalam menghadapi para demonstran pendukung Mursi dengan kekerasan dan pembunuhan sehingga banyak umat Islam yang terbunuh.

Untuk merespon kondisi Mesir tersebut dan sebagai wujud rasa ukhuwwah islamiah, maka MIUMI Aceh mengambil sikap sebagai berikut:

Pertama, mengutuk cara-cara biadab yang dilakukan militer Mesir dalam menghadapi demonstran pendukung Mursi selama ini dengan cara melakukan pembantaian. Pembantaian yang dilakukan militer Mesir jelas-jelas telah melanggar HAM yaitu hak bebas berpendapat dan hak hidup, terlebih lagi melanggar syariat Islam dengan membunuh orang tanpa hak yang dibenarkan dalam syariat.

Kedua, mendesak pemerintah Mesir untuk menghentikan cara-cara kekerasan dalam menghadapi para demonstran dan mendengarkan aspirasi rakyat dalam demostrasi damai yang dilakukan umat Islam oleh pendukung Mursi. Karena para demonstran adalah rakyat Mesir yang memiliki hak untuk berbicara dan berpendapat.

Ketiga, mendukung tuntutan para demostran pendukung Musri untuk mengembalikan Mursi sebagai presiden yang sah. Kudeta militer terhadap pemerintahan Mursi adalah illegal dan pelecehan terhadap demokrasi, karena presiden Mursi terpilih secara demokrasi. Maka apapun upaya untuk menjatuhkan pemerintah yang sah adalah melanggar konstitusi nasional maupun internasional, bahkan melanggar syariat Islam.

Keempat, mendesak negara-negara Arab dan internasional untuk mengutuk tindakan brutal militer Mesir dan menekan pemerintah Mesir saat ini dengan tidak mengakui pemerintahannya dan tidak memberi bantuan apapun serta membantu menyelesaikan krisis politik di Mesir untuk mengembalikan Mursi sebagai presiden yang sah. Demikian sikap MIUMI Aceh terhadap kondisi Mesir saat ini. (sbb/dkw)


Wassalam Ketua umum MIUMI Aceh

Ust. Muhammad Yusran Hadi, Lc, MA



..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksitarqiyah@gmail.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »