Bolehkan Wanita Sholat Di Masjid ?

Tarqiyah - Sering muncul pertanyaan di masyarakat mengenai hukumnya wanita sholat di masjid. Apakah diperbolehkan, seperti apa anjurannya. Karena diberbagai tempat ada keumuman bahwa wanita juga ikut shalat berjamaah di masjid di hari-hari biasa.

Pada dasarnya wanita yang pergi untuk beribadah sholat dimasjid adalah diperbolehkan dengan syarat, : harus menghindari segala sesuatu yang dapat memancing syahwat laki-laki dan menimbulkan fitnah, baik itu berupa perhiasa maupun wewangian. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah dari riwayat Ibnu Umar,

" Janganlah kaian melarang kaum wanita pergi ke masjid, akan tetapi rumah adalah lebih baik bagi mereka " (HR. Ahmad dan Abu Dawwud) 

Beigtupula yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasannya Nabi SAW bersabda :

" Janganlah kalian melarang hamba hamba Allah (dari kaum wanita) untuk melangkah ke masjid-masjidNya, dan hendaklah ereka pergi dengan tidak memakai wangi-wangian" (HR. Ahmad dan Abu Dawwud) 

Begitupula hadist Rasulullah berikut ini ,

"Setiap wanita muslimah dari golongan mana saja yang terkena atau memakai wewangian, maka hendaklah ia tidak mengerjakan shalat Isya bersama kami" (HR.Muslim, Abu Dawwud dan An Nasa'i dengan sanad Hasan)

Meskipun demikian diperbolehkan menurut sebagian ulama bagwi wanita shalat dirumah adalah lebih utama. sebagaiman dicertakan dalam hadist berikut ini :

"Wahai Rasulullah sesungguhnya aku lebih suka shalat bersamamu. Beliau menjawab: Aku mengetahui akan hal itu, akan tetapi shalatmu di kamar adalah lebih baik daripada shalatmu di masjid kaummu dan sholatmu di masjid kaummu adalah lebih baik daripada shalatmu di masjid jami" (HR . Ahmad dan Atthabrani diriwayatkan oleh Ummu Humaid Al Sa'di) 

Wallahu'allam bishowab

Disadur dari buku Fiqih Wanita karya Syaikh Kamil Muhammad 'Uwaidah 


..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksitarqiyah@gmail.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »