Geliat Islam Di Peru


Peru adalah negara dengan kontitusi yang memberikan kebebasan secara luas bagi warganya untuk menganut agama tertentu. Umat Islam di Peru juga bebas dalam melakukan aktivitas keislaman dan dakwahnya.

Begitu pula mengenai pendirian tempat ibadah, Peru membebaskan warganya. Umat Islam kini telah memiliki masjid pertama yang cukup untuk menampung jamaah muslim di Peru namanya Masjid Bab Ul Islam yang terletak didaerah Tacna. Bahkan di Ibukota Peru, Lima terdapat pusat peribadatan kaum muslimin.

Untuk pendidikan setiap lembaga kerohanian diperkenankan untuk membuat tempat pendidikan dan menyusun sendiri kurikulumnya. Untuk yang beragama Islam dan bersekolah disekolah umum mereka diberi kelonggaran untuk mendapatkan pelajaran sesuai agama mereka.

Hanya saja masih ada aturan yang mengharuskan umat agama minoritas di Peru termasuk Islam untuk membayar pajak lebih atas kegiatan keagamaan. Sehingga bantuan asing untuk umat Islam di Peru akan dikenakan pajak yang cukup tinggi.

Inilah kendala yang dirasakan oleh umat Islam dinegara Amerika Latin itu. Hal ini membuat mereka kesulitan mengadakan kegiatan keagamaan bukan karena larangan pemerintah melainkan masalah pendanaan yang membutuhkan dukungan besar.

Pemuka agama setempat mengkhawatirkan jika kegiatan keislaman di Peru tidak digiatkan maka umat Islam akan larut dengan budaya dan keagamaan setempat. laman Peruislam juga menjelaskan mengenai prioritas mereka untuk melakukan pembinaan akidah dan pendidikan kepada umat Islam di Peru.

Tentu geliat dakwah di Peru ini perlu mendapat dukungan dari muslim di negara-negara lainnya. Agar cahaya Islam di negeri tersebut semakin bersinar. (kpw/tarqiyah)


..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksi@tarqiyah.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »