Inilah Keistimewaan Bulan Rajab



Tarqiyah - Salah satu bulan yang disebutkan oleh Allah sebagai bulan yang haram atau bulan yang suci ialah bulan Rajab. Bulan yang penuh keistimewaan dan kemuliaan. Bulan yang sering dijadikan waktu untuk mepersiapkan hadirnya bulan Ramadhan. Apa saja keistimewaan dari bulan ini. Mari kita simak.

Pertama, Bulan Rajab adalah Satu dari 4 bulan Haram

sebagaimana firman Allah dalam surat Attaubah ayat 36

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah itu ada 12 bulan. Seluruhnya dalam ketetapan ALlah di hari Dia menciptakan langit dan bumi. Diantara (12bulan) itu terdapat empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlan kamu mendzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu"

Para ulama bersepakat bahwa empat bulan yang dimaksud tersebut salah satunya adalah bulan Rajab. Dalam bulan ini segala jenis kedzaliman dilarang. Bahkan jika ada perang atau perselisihan harus dihentikan pada bulan ini.

Dari Ibnu Abbas, Ibnu Katsir menyampaikan "Sesungguhnya mengerjakan perbuatan dzalim di bulan-bulan haram, maka dosa dan sanksinya jauh lebih besar dibandingkan melakukan perbuatan dzalim di bulan yang lain"

Sehingga pada bulan ini yang ada hanyalah kebaikan dan amal sholeh.

Kedua, Bulan Rajab adalah bulan persiapan menuju Ramadhan

Kaum muslimin sangat bergembira apabila telah memasuki bulan Rajab. Selain ia adalah bulan haram ia juga menjadi penanda akan segera datangnya bulan yang paling dicintai umat Islam, Bulan Ramadhan. Kaum muslimin mulai mempersiapkan ruhiyah dan jasadiyah agar dapat beribadah dengan maksimal di bulan Ramadhan.

Diantara doa yang paling mahsyur kita dengar adalah,

"Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan" (HR.Ahmad)

Dari doa tersebut kita berharap agar Allah menyampaikan kita dibulan Ramadhan. Begitupula itu menjadi pertanda agar kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya hingga Allah sampaikan kita kepada bulan Ramadhan.

Ketiga, Bulan Rajab adalah bulan Isra' Mi'raj

Dalam bulan ini ada peristiwa besar sepanjang sejarah umat manusia. Yang juga menjadi pertanda keimanan seseorang yang percaya, yaitu Isra' Mi'raj.

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" (Al Isra: 1)

Dalam peristiwa ini pula Allah menurunkan perintah untuk melaksanakan ibadah shalat 5 waktu kepada Rasulullah. Dalam perjalanannya bertemu dengan Allah SWT, Rasulullah sempat bertemu dengan para Nabi sebelumnya dan memberikan salam kepada mereka.

Demikian keistimewaan dari bulan Rajab. Semoga kita dapat memaksimalkan ibadah dalam bulan ini. Semakin mendekatkan diri kepadaNya agar ketika Allah izinkan kita sampai kepada bulan Ramadhan kita telah siap.



..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksi@tarqiyah.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »