Sunnah Utama Yang Sering Terabaikan



Tarqiyah.com - Umat Islam sering melupakan sunnah-sunnah Nabi yang justru disitu menjadi kekuatan kaum muslimin. Hal tersebut disampaikan oleh Wakul Ketua Umum Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKSPPI) KH. Cholil Ridwan disela ceramahnya di Masjid Azzikra, Sentul, Bogor (19/3/2017).

"Sunnah pertama yang kita abaikan selama ini yaitu hanya mengenal Muhammad sebagai sebagai Nabi, tapi masih banyak yang belum mengenal betul bahwa beliau adalah seorang kepala negara, hakim agung, bahkan penglima perang," ujar Kyai Cholil seperti dikutip dari voa-islam.com.

Ia menambahkan sunnah kedua yang sering terabaikan adalah pada masa Rasulullah Majid itu dijadikan pusat pemeritnahan bahkan markas militer. Jadi tidak betul jika dalam masjid tidak boleh membicarakan politik. Bahkan Rasulullah setiap khutbahnya menyampaikan perintah politik.

Sunnah ketiga yang terlupakan adalah bagaimana ummat Islam memposisikan AlQuran sebagai tuntunan hidup.

"Alquran itu bukan hanya untuk dibaca, tetapi fungsi utama adalah sebagai hukum yang berlaku di tengah-tengah masyarakat. Jadi kita harus berupaya memperjuangkan aturan Alquran diberlakukan, dan kita bisa memperjuangkannya secara konstitusional," terang pimpinan Ponpes Husnayain ini.

Yang terakhir menurutnya adalah Sunnah Jihad Fii Sabilillah. Rasulullah adalah panglima perang yang sangat sering memimpin sebuah perang.

Ia juga menegaskan bahwa saat ini umat Islam sedang melakukan jihad politik dengan cara memenangkan pemimpin muslim. (kpw/tarqiyah)


..:: Kirim tulisan dan berita dunia Islam ke : redaksi@tarqiyah.com

Silakan Berbagi

Related Posts

Previous
Next Post »